Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS Pada Blog Custom Domain

Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS Pada Blog Custom Domain



Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS pada blog yang menggunakan Custom domain.
Sebelum Mengaktifkan HTTPS pada Blog Custom domain alangkah baiknya kita harus tahu sedikit perbedaan utama antara HTTPS dan HTTP. dan juga Keuntungan mengubah HTTP menjadi HTTPS.

Perbedaan utama HTTP dan HTTPS
Perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan. (sumber : beon.co.id)

Keuntungan  mengubah HTTP menjadi HTTPS?

Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Bagaimana bisa? Ilustrasi singkat berikut akan menjawabnya: Ketika Anda mengakses sebuah web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan pada Anda telah dienkripsi dulu oleh protokol ini. Dan semua informasi yang Anda kirimkan ke server (registrasi, identitas, nomor pin, transfer pembayaran) akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yg bisa mencuri dengar (eavesdropping) data-data Anda  ketika proses transaksi sedang berlangsung. Maka transaksi data Anda menjadi lebih safe. Protokol HTTPS bisa anda temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah Anda membutuhkan sertifikat SSL. (sumber : beon.co.id)

Berikut cara mengubah HTTP menjadi HTTPS pada Blog Custom Domain :

Langkah 1
Buka draft.blogger.com lalu ke setelan > dasar

Langkah 2
Pada bagian HTTPS ubah dari Tidak menjadi Ya, setelah itu akan otomatis muncul tulisan "Ketersediaan HTTPS sedang diproses" Tunggu beberapa saat kemudian Refresh Halaman atau bisa di F5 agar lebih simpel.

Langkah 3
Jika tulisan "Ketersediaan HTTPS sedang diproses" sudah hilang maka pada Pengalihan HTTPS akan aktif dan Ubah dari Tidak Menjadi Ya. disini kita sudah berhasil megubah  HTTP manjdi HTTPS.

Langkah 4
belum selesai, selanjutnya kalian harus mengubah semua URL HTTP menjadi HTTPS pada Tema Blog sobat. jika semua URL sudah di ubah menjadi HTTPS, simpan Tema dan Refresh halaman.

Langkah 5.
Langkah terakhir adalah sobat harus submit ulang URL domain website sobat di Google Webmaster : Google Webmaster Tool, sebelum submit URL baru, kamu harus menghapus property Blog sebelumnya. kemudian submit URL seperti memasukan blog baru.
Sekian pembahasan mengenaik cara mengaktifkan HTTPS pada blog yang menggunakan Custom domain, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS Pada Blog Custom Domain"

Posting Komentar

Semoga Artikel ini Bermanfaat Bagi Sobat Semua, Kami Berharap Anda Dapat Memberi Komentar, Namun Tolong Menggunakan Bahasa Yang Etis. Terima Kasih!!!