Seberapakah Pentingnya Sitemap? Begini Cara Memasang Sitemap Keren di Blog 2018

Pada pembahasan blog kali ini saya akan menjelaskan apa itu sitemap? Seperti apa bentuknya ? Jadi, Saya akan membahas sitemap hanya berfungsi mengatur postingan anda untuk bisa menjadikan lebih teratata dengan adanya kita memberikan sebuah label.

Fungsi sitemap ini cukup mudah dipahami, karena dari sitemap ini mempunyai konsep merapihkan sebuah postingan dengan mengumpukan di sebuah halaman yang berupa pengumpulan link-link postingan untuk memudahkan membaca atau memilih postingan bagi pengunjung.

Sitemap ini tidak menggunakan format HTML melainkan menggunakan format XML yang berguna untuk mempermudah pencarian di search engine. Kerangka sitemap yang saya bagikan memang jarang orang menggunakannya.

Apa itu sitemap?

Sitemap merupakan sebuah halaman yang bisa diakses oleh semua pengguna internet baik itu oleh mesin pencari maupun manusia. Paling penting tadi yang sudah tertera diatas yaitu sebagai mengkategori pembahasan sebuah artikel yang sudah ditandai dengan label. 

Jadi, sitemap juga sebagai nilai tambah untuk di hadapan mesin pencari khsusunya mbah google, bing, yahoo atau yang lainnya. Kenapa begitu ? Karena search engine lebih suka bila sebuah website atau blog memiliki kerapihan yang tertata dibandingkan dengan tampil tidak secara teratur.

Bisa dikatakan sitemap ini hanya bisa digunakan pada platform blogger saja, kalau berurusan wordpress ? Iyaa saya belum memahaminya untuk sejauh ini. Tetapi tidak ada yang tidak mungkin, coba kalian cari sebuah referensi blog platform wordpress apakah dia menggunakan sitemap atau tidak.

Lantas bagaimana bentuk sitemap ? Kita akan menambahkan beberapa baris code berupa XML untuk memasang di halaman blog anda. Memang seberapa pentingnya sitemap tersebut untuk blog ?

Pentingnya menggunakan Sitemap

Sitemap ini kita bisa bedakan menjadi dua, ada sitemap halaman untuk ditampilkan dan sitemap yang harus di submit ke webmastertools. Tetapi memang dari studi kasus ini saya rasa saling berkaitan. Seberapa pentingkah menggunakan sitemap?

Pertama,  Blog anda pasti lebih rapi dan tertata
Kedua, Disenangi oleh mesin pencari 
Ketiga, Blog anda enjadi statis di tampilan mesin pencari.

Selain kita cara mensubmit sitemap ke google webmaster, kita perlu ketahui memang dari segi search engine optimization lebih penting memasukan sitemap ke webmaster tetapi apasalahnya kita memperkuat sitemap tersebut dengan membuat sebuah halaman untuk lebih cepat memperkenalkna website kita dimesin pencari.

Lantas bagaimana kita cara memasang sitemap di blogger ? Berikut ulasan penjelasan lebih mendalam.

Pertama, pastikan anda sudah login di blogger

kedua,  Buat halaman baru dengan memberi nama sitemap 


Ketiga, Salin kode beriikut yang saya sudah siapkan 

<div id='show-cat'>
</div>
<div id='show-post'>
<script type='text/javaScript'>
var cat_home='https://masoga.net';cat_numb=11;cat_pre='Prev';cat_nex='Next';
var cat_name;var cat_start;var cat_class;
function show_post2(a){var tt=a.feed.openSearch$totalResults.$t;dw='';dw+='<ul>';for(var i=0;i<cat_numb&&i<a.feed.entry.length;i++){var entry=a.feed.entry[i];cat_title=entry.title.$t;for(var j=0;j<entry.link.length;j++){if(entry.link[j].rel=='alternate'){var cat_url=entry.link[j].href}}dw+='<li>';dw+=(cat_start+i)+'. <a href="'+cat_url+'" rel="nofollow" title="'+cat_title+'">'+cat_title+'</a>';dw+='</li>'}dw+='</ul>';dw+='<div id="navi-cat">';if(cat_start>1){dw+='<a href="" onclick="show_post(''+cat_name+'',''+(cat_start-cat_numb)+'',''+cat_class+'');return false" title="'+cat_pre+'">'+cat_pre+'</a>'}if((cat_start+cat_numb-1)<tt){dw+='<a href="" onclick="show_post(''+cat_name+'',''+(cat_start+cat_numb)+'',''+cat_class+'');return false" title="'+cat_nex+'">'+cat_nex+'</a>'}dw+='<span>'+cat_start;if(cat_start!=tt){dw+=' &ndash; '+(cat_start+i-1)}dw+=' / '+tt+'</span>';dw+='</div>';document.getElementById('show-post').innerHTML=dw+'<style type="text/css">.cat-'+cat_class+' a{background:#bbb!important;color:#fff!important}</style>'}function show_post(a,b,c){var d=document.getElementsByTagName('head')[0];e=document.createElement('script');e.type='text/javascript';e.setAttribute('src',cat_home+'/feeds/posts/default/-/'+a+'?alt=json-in-script&start-index='+b+'&max-results='+cat_numb+'&callback=show_post2');d.appendChild(e);cat_name=a;cat_start=parseInt(b),cat_class=c}function show_cat(a){var cat=a.feed.category;dw='';dw+='<ul>';for(var i=0;i<cat.length-1;i++){for(var j=i+1;j<cat.length;j++){if(cat[i].term>cat[j].term){cat_hv=cat[i].term;cat[i].term=cat[j].term;cat[j].term=cat_hv}}}for(var i=0;i<cat.length;i++){dw+='<li class="cat-'+i+'">';dw+='<a href="" onclick="show_post(''+cat[i].term+'','1',''+i+'');return false" title="';dw+=cat[i].term;dw+='">';dw+=cat[i].term;dw+='</a>';dw+='</li>'}dw+='</ul>';document.getElementById('show-cat').innerHTML=dw}document.write('<script type="text/javascript" src="'+cat_home+'/feeds/posts/default?alt=json-in-script&max-results=0&callback=show_cat"></script>');
</script>
</div>
<style scoped="" type="text/css">
#show-cat{float:left;margin:20px 2% 20px 0;width:25%;height:389px;overflow-x:hidden;overflow-y:auto;line-height:normal;border:1px solid rgba(0,0,0,0.1)}
#show-cat ul{margin:0;border-top:0 solid rgba(0,0,0,0.1);padding:0}
#show-post ul li{list-style-type:none;margin:0 0 0 -25px;padding:10px 0;border-bottom:1px solid rgba(0,0,0,0.1)}
#show-post ul li:hover{margin-right:10px;border-color:#fcd3d3}
#show-cat ul li a{display:block;padding:10px;border-bottom:1px solid rgba(0,0,0,0.1);transition:initial}
#navi-cat a:hover{color:#fff!important}
#show-cat ul li:last-child a{border-bottom:none}
#show-cat ul li a,#navi-cat a{background:#fff;color:#555;font-weight:bold;text-decoration:none}
#show-cat ul li a,#navi-cat a,#navi-cat span{font-size:13px}
#show-cat ul li a:hover,#navi-cat a:hover{background:#666;color:#fff}
#show-post{float:left;width:69%;line-height:1.6em}
#show-post a{color:#333;font-size:14px}
#show-post a:hover{color:#f14b4b}
#navi-cat{padding:20px 0}
#navi-cat a{padding:5px 10px;background:rgba(0,0,0,0.7);margin:0 5px 0 0;color:#fff;border-radius:3px;}
#navi-cat a:nth-child(2){background:#f14b4b;margin:0 10px 0 0;color:#fff}
#navi-cat span{float:right;padding:5px 0;font-size:12px;color:rgba(0,0,0,0.5);font-weight:700}
#show-cat::-webkit-scrollbar{width:8px;height:8px}
#show-cat::-webkit-scrollbar-track{background-color:rgba(0,0,0,.1);}
#show-cat::-webkit-scrollbar-thumb:hover{background-color:rgba(0,0,0,.6)}
#show-cat::-webkit-scrollbar-thumb{background-color:rgba(0,0,0,.4);transition:all 400ms ease-in-out}
@media screen and (max-width:768px){#show-cat{width:35%}#show-post{width:59%}}
@media screen and (max-width:480px){#show-cat{width:100%;margin:20px 0}#show-post{width:100%}}
</style>
Pada block warna biru, tinggal merubah dengan domain halaman blog anda sendiri. Untuk selebihnya anda tinggal berkreasi dengan merubah warna sesuai keinginan dengan merubah code yang tertera diatas.

Keempat,Sebelum paste di halaman yang kita buat dengan rubah mode pada HTML

Paste dan rubah nama blog anda. Lalu publikasikan!


Note : Jangan merubah pada compose karena sitemap tidak akan muncul. Jadi biarkan saja pada mode HTML setelah anda mempublikasikan

Baca Juga : Cara Submit Sitemap Ke Webmaster Tools Bing dan Google

0 Response to "Seberapakah Pentingnya Sitemap? Begini Cara Memasang Sitemap Keren di Blog 2018"

Posting Komentar

Semoga Artikel ini Bermanfaat Bagi Sobat Semua, Kami Berharap Anda Dapat Memberi Komentar, Namun Tolong Menggunakan Bahasa Yang Etis. Terima Kasih!!!