Cara Aktifkan Fitur HTTPS Blog Custom Domain

Masoga.net - Sebelumnya pada penjelasan kali ini saya akan membagikan sebuah tips yang bermanfaat bagi kalian terutama yang aktif di blogger. Sebenarnya baru ini menemukan berbagai referensi untuk memecahkan masalah yang satu ini untuk mengaktifkan fitur HTTPS pada blogger custom domian.

Memang si dulu saya menganggap fitur tersebut seperti tidak ada gunanya sehingga diabaikan begitu saja. Namun, setelah saya cari solusi kebetulan apa perbedaan dan kelebihan dari HTTP diubah HTTPS pada sebuah blog.

Kebetulan saya sudah mengaplikasikan pada blog saya yang sudah custom domain. Pihak Blogger pun dari tahun pertengahan 2017 merilis fitur adanya bagi blog custom domain. Dulu sih HTTPS bisa digunakan tetapi harus menggunakan domain bawaan dari blogger yaitu blogspot.com.



Perbedaan HTTP dan HTTPS

Dasarnya sama saja mungkin dari (HTTP) Hypertext Transfer Protokol adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Sedangkan (HTTPS) Hypertext Transfer Protokol Secure fungsinya tidak berbeda jauh dari HTTP hanya saca titik perbedaan mendasar HTTPS menggunakan secure keamanan.

Perlindungan HTTPS yang digunakan pada sebuah data yang di transmisikan sari penguping. Ini adalah protokol standar sering digunakan untuk transaksi masalah keuangan melalui sebuah website. 

Kelebihan HTTPS 


Sudah pasti bila sebuah web menggunakan keamanan HTTPS maka akan lebih optimal dalam SEO (Search Engine Optimization). Selain berfungsi sebagai keamanan bagi pengunjung, Pandangan mesin pencari memang sangat berpengaruh besar terutama di mata Google, Bing, Yahoo dsb.

Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Menggunakan Custom Domain ?

Selebihnya saya mendapatkan pencerahan dari berbagai refensi web namun ada salah satu yang mengispirasi saya untuk mempraktekan dan ternyata hasilnya sudah bisa digunakan semua orang.

Hal ini sangat baru sekali sekian lama blogger telah mengembangkan fitur ini selain pada domain aslinya yakni blogspot.com dan untuk selebihnya ikuti langkah berikut ini dengan baik.

Langkah Pertama 
Jika anda sudah login pada blogger silahkan copas alamat draft.blogger.com untuk mengaktifkan HTTPS.



Langkah Kedua
Bila kalian sudah berada di draft seperti biasa pilih menu Setting > Basic > HTTPS > lalu pilih Ya pada menu Availability HTTPS.



Langkah Ketiga
Ketika anda sudah merubah Availability HTTPS menjadi Yes, Blog anda sementara tidak dapat di akses, karena ada perubahan dari database blogger.

Setelah beberapa saat Refresh Browser anda pada blogger dengan tekan F5 pada keyboard. Lalu, cek kembali blog anda apakah sudah atau harus menunggu beberapa saat lagi.

Langkah Keempat
Redirect HTTPS yang keduah rubah lagi menajdi Yes berfungsi dari awal alamat blog yaitu http akan dialihkan otomatis ke https:


Langkah Kelima
Jika selesai dengan perubahan diatas, anda dapat merubah http ke https pada tempalte kalian.


Untuk mempersingkat waktu anda harus merubah dari Notepad++ atau Adobe Dreamweaver seperti berikut ini 


Submit Url ke Webmaster

Ini hal yang sangat penting untuk meningkatkan terindex dari mesin pencari google, tambahkan alamat baru anda https://namadomain.com dan masukan pada Google Webmaster ke https://www.google.com/webmasters/tools/ Hapus sebelumnya yang belum menggunakan HTTPS.

Bagaimana blog yang telah terhubung dengan Google Adsense akan berpengaruh ? Dari pengalaman saya baik dari visitor dan pendapatan agak turun. Tetapi tenang saja, Hal ini hanya efek sementara karena telah merubah HTTP ke HTTPS.

Demikian saja yang dapat disampaikan bila ada pertanyaan dan semacamnya komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Aktifkan Fitur HTTPS Blog Custom Domain"

Posting Komentar

Semoga Artikel ini Bermanfaat Bagi Sobat Semua, Kami Berharap Anda Dapat Memberi Komentar, Namun Tolong Menggunakan Bahasa Yang Etis. Terima Kasih!!!